Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

 border=

Ad Code

 border=

Ceremony PON XX Papua, Presiden Joko Widodo Senyum Sumringah.

Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo, membuka secara resmi perhelatan olahraga terbesar di Indonesia, PON XX Papua. 

Jayapura. Kliksuara.comPresiden Joko Widodo resmi membuka perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Perhelatan olahraga empat tahun sekali ini diikuti para atlet dari 34 provinsi di Indonesia.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, PON XX Papua secara resmi dibuka," kata Jokowi dalam siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

Presiden Joko Widodo sangat bahagia dan bangga membuka PON XX, yang merupakan gelaran PON pertama di Papua. Dia juga memuji kemegahan Stadion Lukas Enembe.

"Perasaan saya dan perasaan Saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini, apalagi PON yang pertama sekali diselenggarakan di tanah Papua" ucapnya.

Presiden Joko Widodo mengajak agar PON ini diisi dengan segala sukacita dan menjunjung sportivitas. Ajang ini juga diminta menjadi ruang menjalin persatuan dan kesatuan. 

"Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita unjuk partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini," katanya.

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan kemajuan pembangunan infrastruktur hingga sumber daya manusia (SDM) di Papua.

".," ucapnya.

Dia meminta anak muda Papua mengikuti para tokoh olahraga hingga para seniman asal Papua.

Setelah Jokowi memberi sambutan, acara dilanjutkan dengan pesta kembang api. Suasana tampak meriah dan penonton di stadion bersorak-sorai.

Sebelumnya, sambutan telah disampaikan Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mayjen TNI (Purn) Norman Sasono dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Dalam pembukaan ini, sebelumnya sudah ditampilkan aksi koreografi serta dinyanyikannya lagu Aku Papua gubahan Franky Sahilatua yang dinyanyikan Edo Kondologit, Michael Jakarimilena, dan Nowela Elizabeth Auparay.

Ditampilkan juga aksi tari berkostum serba-nuansa Papua dan boneka patung burung Cenderawasih yang diangkat enam orang. Para atlet dari 34 provinsi di Indonesia sudah turut meramaikan lewat defile.

Posting Komentar

0 Komentar