Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

 border=

Ad Code

 border=

Kemendikbudristek Buka Program Kursus Gratis, Ini Syarat dan Pendaftarannya

 

Ilustrasi Program Kursus Gratis

Jakarta, Kliksuara.com - Pendaftaran kursus gratis melalui program Ayo Kursus dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah dibuka. Peserta dapat mendaftarkan diri sebelum bulan November 2021.

Ayo Kursus merupakan program kursus gratis bagi anak usia sekolah tidak sekolah (ATS) hingga lulusan SMK dan perguruan tinggi vokasi yang belum bekerja dengan usia di bawah 25 tahun. Program ini diintegrasikan dengan program pendidikan kecakapan kerja (PKK) dan pendidikan kecakapan wirausaha (PKW) Direktorat Jenderal Vokasi.

"Kita mencoba untuk menghadirkan solusi atau mitigasi yang tidak hanya untuk lulusan SMK dan perguruan tinggi vokasi yang memang perlu ditajamkan lagi kompetensinya tapi juga seluruh anak-anak dengan usia yang sudah ditargetkan untuk program ini bisa kita selamatkan dengan kompetensi untuk siap kerja," kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto dalam peluncuran program Ayo Kursus, Rabu (22/8/2021). 

Kursus gratis ini dapat diikuti oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah 3T. Nantinya, peserta akan mendapatkan kursus di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) sesuai penempatan dari Direktorat Jenderal Vokasi.

Direktur Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbduristek, Wartanto mengatakan, total lembaga kursus yang ada di Indonesia mencapai 17.000 lembaga dan sekitar 1.500-2.000 lembaga sudah berhasil melewati tahap kurasi.

Bagi LKP yang ingin mendaftarkan diri sebagai mitra Ayo Kursus, pihak LKP harus terdata dalam daftar penerima bantuan pemerintah program PKK dan PKW serta telah diverifikasi dan tidak dalam status blokir.

Program Ayo Kursus ini direncanakan akan terus berkelanjutan. Pada tahun ini, kuota yang disediakan sebanyak 20.000 peserta didik program PKK dan 4.500 peserta didik program PKW. Adapun, anggaran yang disediakan untuk PKK sebesar Rp 81 M dan PKK sebesar Rp 29,3 M.

Peserta direkomendasikan mendapatkan kuota di tahun mendaftar atau diarahkan ke penerimaan di tahun mendatang jika kuota tahun mendaftar habis.

Syarat dan Cara Daftar Kursus Gratis

Syarat Peserta

1. Anak usia sekolah tidak sekolah
2. Tidak sedang sekolah atau kuliah
3. Tidak sedang bekerja
4. Berusia di bawah 25 tahun
5. Diutamakan bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP)
6. Tidak sedang terdaftar sebagai penerima Kartu Pra Kerja
7. Tidak sedang terdaftar sebagai peserta didik PKK dan PKW yang sedang berjalan

Mekanisme dan Alur Pendaftaran

1. Calon peserta didik mendaftar pada aplikasi Ayo Kursus

2. Calon peserta didik memasukkan data lalu memilih program PKK atau PKW

3. Calon peserta didik memilih bidang keterampilan dan memilih Kabupaten/Kota sesuai tujuan yang diinginkan

4. Proses pleno diterima/ tidaknya peserta oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan di LKP sesuai wilayah yang dipilih.

5. Verifikasi data peserta dan pemberitahuan penerima peserta kepada LKP

6. Peserta yang diterima mendapatkan pemberitahuan dan memulai pembelajaran

Calon peserta didik dapat melakukan pendaftaran kursus gratis melalui laman https://banper.binsuslat.kemdikbud.go.id/ayo_kursus/.

Posting Komentar

0 Komentar