Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

 border=

Ad Code

 border=

Gubernur Kekinian, Berkarisma dan Diidolakan Kaum Milenial.


Gubernur Kekinian Ganjar Pranowo, Diidolakan Kaum Milenial. 

Kliksuara.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, telah menarik perhatian banyak orang saat ini karena dikenal sebagai tokoh negeri yang aktif di media sosial. Ganjar Pranowo tidak hanya aktif di instagram (ganjar_pranowo) tapi juga di twitter (@ganjarpranowo) dan di facebook. Ganjar Pranowo adalah salah satu Pejabat yang memanfaatkan media sosial sebagai media untuk berkomunikasi secara langsung ke masyarakat.

Kekinian dan dekat dengan masyarakat. Pria kelahiran 28 Oktober 1968 ini kembali dipercaya lagi untuk menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah sebanyak 2 periode yaitu periode pertama pada tahun 2013-2018 dan kembali lagi pada periode kedua yaitu 2019-2023.

Memiliki kemampuan kepemimpinan yang tegas namun memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat, Ganjar berhasil memberikan banyak perubahan positif ke Jawa Tengah membuat Ganjar Pranowo mengantongi banyak prestasi mengagumkan sebagai seorang Gubernur tentu saja membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai sosok inspiratif, terutama untuk kamu yang ingin terjun ke dunia politik atau pemerintahan.

Lebih jauh mengenal sosok Gubernur tampan yang sedang diidolakan berikut beberapa fakta menarik tentang Ganjar Pranowo:

1. 16 Tahun Berkarir di Dunia Politik dan Pemerintahan

Prestasi dan kesuksesan yang bisa diraih oleh Ganjar selama menjabat sebagai Gubernur Jateng tidaklah datang begitu saja. Semua berhasil didapatkan berkat perjalanan karirnya yang sudah berjalan 16 tahun lah yang membuat Ganjar banyak belajar dalam menjalankan tanggung jawabnya sesuai dengan posisinya disetiap pekerjaan di dunia politik yang sudah diembannya.

Berikut detail perjalanan karir politik dan pemerintahan seorang Ganjar Pranowo:

Anggota Komisi IV DPR RI 2004-2009 (Bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, Pangan) 2004-2009

Wakil Ketua Komisi II DPR RI (Bidang Pemerintahan Dlm Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi, Pemilu, Pertanahan Dan Reformasi Agraria) 2009-2013

Anggota Pansus Angket Bank Century di DPR RI 2009-2010

Anggota Timwas Century di DPR RI 2010-2013

Ketua Pansus Ruu tentang Partai Politik di DPR RI 2007-2009

Ketua Pansus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI 2007-2009

Anggota Badan Legislasi DPR RI 2004-2010

Sekretaris Fraksi PDIP MPR RI 2009-2010

Sekretaris I Fraksi PDIP DPR RI 2007-2009

Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI 2010-2013

Gubernur Jawa Tengah 2013-2018

2. Jadi Sorotan Sejak Berani Menegur Langsung Petugas Dishub yang Melakukan Pungli

Pada 27 April 2018 tersebar video Ganjar marah besar kepada petugas yang tertangkap basah sedang menerima pungli (pungutan liar) di jembatan timbang Kabupaten Batang. Ganjar melihat seorang kenek truk yang meninggalkan uang di meja petugas untuk menghindari denda bila kelebihan muatan.

Ganjar pun tanpa ragu langsung memeriksa dan menemukan 2 amplop berisi uang berisi pecahan 2 ribuan sampai 20 ribuan di laci petugas. Membanting amplop tersebut Ganjar pun lansung melakukan introgasi ke kenek truk dan menemukan fakta ternyata semua petugas disana selalu mendapatkan jatah pungli setiap malam. Tidak senang ada praktek ilegal seperti itu di daerahnya Ganjar pun langsung menegur petugas dinas perhubungan tersebut ditempat.

Menyebarnya video Ganjar marah di kantor dishub membuat sosoknya menjadi viral seketika. Sosok yang dikenal kalem dan murah senyum ternyata bisa berubah menjadi tegas terhadap hal-hal yang menyimpang dan melanggar peraturan.

3. Ayah dari Alam Ganjar dan Suami dari Wanita Cantik Siti Atiqah

Sejak jadi sorotan publik, keluarga Ganjar pun turut mendapatkan perhatian publik. Ganjar yang sudah menikah dengan Siti Atiqah selama 21 tahun pun sering dikatakan sebagai contoh pasangan suami-istri yang serasi.

Dari hasil pernikahan lahirnya Alam Ganjar atau yang bernama lengkap Muhammad Zinedine Alam Ganjar. Tampan dan pintar seperti ayahnya, Alam pun juga ikut banyak diidolakan oleh banyak perempuan.

4. Sosok Dibalik Terobosan Kredit Bunga Terendah Se-Indonesia

Berawal dari keprihatinan akan sulitnya akses modal untuk pengusaha kecil. Ganjar menerapkan kredit pembiayaan dari Bank Jateng untuk UMKM dengan Produk KUR Mitra 25 dikenakan bunga 7% per tahun, sementara Mitra 02 sebesar 2%, tanpa agunan juga tanpa biaya administrasi.

Ketika sukses diluncurkan, bunga kredit ini pun tercatat sebagai yang terendah se-Indonesia dan hingga kini telah banyak ditiru pemerintah daerah lain di penjuru tanah air bahkan mendapatkan perhatian dan apresiasi dari Presiden Joko Widodo karena telah berhasil memajukan UMKM dan ekonomi Jawa Tengah.

5. Kartu Tani yang Sukses Jadi Program Nasional

Penggagas utama dari kartu tani adalah Ganjar. Awalnya kartu tani dibuat sebagai upaya untuk mensejahterakan para petani di Jawa Tengah.

Berawal dari fenomena kelangkaan pupuknya karena penyelundupan pupuk bersubsidi, Ganjar kemudian membuat kartu tani. Dalam kartu ini ada data identitas petani, luas lahan, jenis tanaman, dan kebutuhan pupuk. Di luar petani tak ada yang bisa mengakses pupuk bersubsidi sehingga mengeliminir kejahatan dan penyalahgunaan wewenang.

Presiden Jokowi kemudian mengapresiasi dan menjadikan kartu tani program nasional.

6. Sukses Mensejahterakan Jawa Tengah, Ganjar Menerima Penghargaan Langsung dari Presiden Jokowi

Ganjar Mendapat Penghargaan Langsung dari Presiden Jokowi via merdeka.com

Pada awal tahun 2017 Ganjar pernah menerima penghargaan dari Presiden Jokowi berkat perannya yang berhasil melakukan perluasan serta pengembangan akses keuangan di Jawa Tengah.

Penghargaan yang diberi nama Penggerak Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Teladan ini diberikan pada Ganjar karena kesuksesan programnya untuk membuat program kredit khusus yang ditunjukan untuk para pelaku UMKM yang membutuhkan modal.

Berkat program ini, Ganjar berhasil membuka akses keuangan agar lebih produktif. Selain membantu mengembangkan sektor perekonomian Jawa Tengah, Ganjar juga berhasil membuka akses keuangan untuk masyarakat Jawa Tengah menjadi lebih mudah.

Prestasi lainnya yang telah diterima oleh Ganjar selama menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah adalah:

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Award 2019

Penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2017

Paritrana Award adalah penghargaan yang diberikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) Republik Indonesia 2018

Penghargaan kepada provinsi Jawa Tengah sebagai Provinsi Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) 2017

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik nasional pada Kamis 2015, 2016, 2017

Penghargaan pengecahan gratifikasi dengan kategori pemerintahan daerah dengan sistem pengendalian gratifikasi terbaik 2016

7. Lebih Cinta Batik, Ganjar Tolak Aturan Seragam ASN dari Kemendagri

Sosok Ganjar pun semakin populer sejak dia secara tegas menolak aturan seragam ASN (Aparatur Sipil Negara) yang ditetapkan oleh Kemendagri. Ganjar pun membuat peraturan sendiri dimana seluruh ASN Pemprov Jateng diwajibkan mengenakan batik dari daerah masing-masing sebagai pakaian kantor dari hari Selasa sampai Jumat.

Berkat peraturan ini, Ganjar berhasil menaikan omset para penjual batik di Jawa Tengah.

Baca Juga: Mengintip Keseruan Kaesang Pangarep Kelola Gurita Bisnisnya

8. Tidak Peduli dengan Pencintraan, Ganjar Tidak Segan Tidur di Kolong Kursi Kereta Api

Ganjar lagi-lagi menjadi viral di media sosial ketika tersebar fotonya tidur meringkuk di kolong kursi kereta api. Dibesarkan di keluarga yang sederhana, membuat Ganjar tidak segan tidur di kolong kursi  kereta hanya karena alasan tidak nyaman untuk tidur dengan posisi duduk di kursi kereta.

Memang nyeleneh, tapi dari viralnya foto ini Ganjar pun menuai banyak pujian karena sosoknya yang dianggap rendah hati dan tidak suka pencintraan alias jaim.

9. Pecinta Musik Rock dan Metal

Ganjar pernah terlihat ikut menonton konser musik beberapa musisi dunia yang mampir ke Indonesia. Ganjar pun pernah terlihat menonton konser musik Metallica, bahkan pernah terlihat menonton bersama Sandiago Uno ketika konser Dream Theater.

Bersama dengan para penonton lainnya, Ganjar pun tidak segan untuk ikut melompat dan bernyanyi bersama menikmati konser musisi kesayangan.

10. Gaul Abis, Ganjar Pernah Main TikTok dengan Ridwan Kamil dan Anies Baswedan

Sedang berada di panggung yang sama, Ganjar dan kedua gubernur daerah lainnya yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat pun tidak malu untuk mengikuti tren challenge dari aplikasi online populer TikTok.

Mengenakan pakaian kasual, kaos Ganjar yang bertulis Gubernur garis lucu dengan simbol senyum pun menjadi sorotan publik. Ngedance lagu korea bahkan mengangkat tangan dengan jari yang membuat simbol hati banyak mendapatkan komentar dari warganet di akun instagram pribadinya.

Ganjar, Sosok yang Dicintai Masyarakat dan Jadi Teladan Banyak Orang

Selain memiliki sikap yang ramah dan mengayomi masyarakat secara langsung, Ganjar juga merupakan sosok yang tegas dalam membuat setiap keputusan dan juga tidak setengah-setengah dalam menyelesaikan setiap masalah yang terjadi di daerah yang jadi tanggung jawabnya sebagai Gubernur.

Selain itu, dari banyaknya program untuk masyarakat yang telah banyak sukses berjalan, bisa dikatakan Ganjar pun tidak hanya pintar sebagai pemimpin tapi juga cerdas dalam membuat sebuah program. Benar-benar mengabdi untuk rakyat, Ganjar pun pernah berkata dia tidak akan puas dengan berbagai pencapaiannya sebagai Gubernur jika rakyat masih mengeluh. (BorrAll) 

Posting Komentar

0 Komentar