Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

 border=

Ad Code

 border=

Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Kepulauan Nias

Pulau Asu

Pulau Nias, Kliksuara.com - Kepulauan Nias yang berada disebelah barat Pulau Sumatera, Indonesia dan secara administrasif berada di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Merupakan pulau terbesar diantara gugusan pulau yang berada disebelah barat Sumatera, yang dihuni oleh mayoritas suku Nias (Ono Niha).

Kepulauan Nias menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya keindahan panorama alam, kebudayaan dan tradisi di Pulau Nias turut menjadi tujuan wisata.

Dengan keindahan yang dimiliki oleh Kepulauan Nias, pada tahun 2019 pemerintah Indonesia menjadikan kepulauan Nias sebagai destinasi unggulan dalam pengembangan pariwisata nasional. Hal ini diwujudkan dalam pelaksanaan Sail Nias pada tahun 2019.

Sail Nias 2019 bertemakan "Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia", diharapkan mampu mewujudkan tujuan sebagai gerbang utama wisata kelas dunia yang dapat mensejahterakan masyarakat Kepulauan Nias. 

Pulau dengan luas wilayah 5.625 km² ini, dikelilingi oleh laut dan samudera yang sangat eksotik. Keberadaan pantai - pantai yang memanjakan badan serta mata, sangat mudah kita temukan. Demikian juga kebudayaan masyarakat kepulauan Nias yang masih tradisional dan alamiah, menambah referensi setiap orang yang baru menginjakkan kakinya di bumi para pendekar. 

Selain pantai dan kebudayaan, Kepulauan Nias juga memiliki bukit dan hutan yang masih hijau dan asri. Beberapa air terjun yang memiliki sumber air yang masih bening dan terjaga kesegarannya. 

Kliksuara.com mencoba merangkum beberapa destinasi wisata yang dapat menjadi referensi bagi para travelers untuk dikunjungi.

Air Terjun Humogo. 

Air Terjun Humogo bisa mejadi destinasi wisata favorit, setelah pantai. Berada di lingkungan alam yang asri, para travelers dapat merasakan kesegaran suasana di kawasan air terjun ini. Demikian juga untuk mencapai lokasi air terjun cukup dekat dengan Bandara Binaka dan pusat Kota Gunungsitoli. Dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat dan roda dua. 

Desa Tradisional Bawomataluo. 

Untuk melihat dan merasakan atmosfer desa adat dan bangunan tradisional, juga ingin menyaksikan langsung bagaimana para pemuda melakukan Hombo Batu atau lompat batu, Desa Tradisional Bawomataluo menjadi referensi utama untuk dikunjungi. Desa Bawomataluo berada di wilayah administrasi Kabupaten Nias Selatan, dari Bandara Binaka dapat ditempuh dengan dua jam perjalanan roda empat. 

Para travelers, juga dapat menikmati tarian perang, memakai kostum adat dan juga dapat melihat langsung benda-benda tradisional yang unik. 

Pulau Asu

Pulau dengan julukan Paradise On The Earth di kalangan travelers mancanegara ini, memiliki segudang keindahan, baik baharinya mau pun ombaknya yang sangat disukai oleh peselancar mancanegara. 

Bagi travelers yang suka keheningan, Pulau Asu menjadi rekomendasinya. Dapat ditempuh dari Bandara Binaka, Gunungsitoli dengan kendaraan roda empat selama dua jam perjalanan dan dilanjutkan dengan transportasi laut yaitu kapal atau boat selama 50 menit dari pelabuhan Sirombu, Kabupaten Nias Barat. 

Pantai Tureloto

Pantai yang menyuguhkan berbagai jenis terumbu karang ini, menjadi rekomendasi bagi travelers yang suka berenang. Pantai ini muncul pasca tsunami beberapa tahun yang lalu menyuguhkan laut yang jernih dengan pasir putih yang memikat mata. Berada di kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Barat, ditempuh selama satu jam perjalan dengan roda empat dari Kota Gunungsitoli. (BorrAll) 

Posting Komentar

0 Komentar