Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

 border=

Ad Code

 border=

115 Pulau Di Indonesia Terancam Tenggelam, Termasuk Pulau Nias

Ilustrasi Ancaman dampak perubahan iklim bagi Indonesia. 

Jakarta, Kliksuara.com - Sebanyak 115 Pulau berukuran sedang dan kecil di Indonesia terancam hilang atau tenggelam di tahun 2100. Hal ini diungkapkan oleh Penelitian Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Eddy Hermawan, dampak perubahan iklim tidak hanya mengancam Jakarta dan Pantura saja. Lebih dari itu, ada banyak Pulau - Pulau di Indonesia terdampak besar. 

" Jangan sampai lalai, bahwa kawasan Jakarta dan Pantura saja yang terancam, sebanyak 115 Pulau kecil dan sedang sangat berpotensi juga tenggelam." ungkap Eddy Hermawan pada Webminar " Ancaman Tenggelamnya Kota Pesisir Pantai Utara Jawa"kamis (16/09/21). 

Untuk itu, diperlukan gerakan mitigasi dampak perubahan iklim yang menyeluruh tidak hanya fokus pada wilayah Jakarta dan Pantura. 

“Mohon untuk membuka wawasan bahwa pulau-pulau kecil kita, daerah-daerah wisata seperti Bali, Nias dan lainnya sepanjang pantai barat Sumatera juga akan habis nanti. Jadi, cobalah mengeksplorasi bahwa tidak hanya Jakarta saja yang terancam, tapi juga pulau-pulau kecil,” kata Eddy.

Terkait hal itu, Eddy dari BRIN ‘menjamin’ supaya 115 pulau itu tidak tenggelam?  Maka,  perlu kombinasi upaya mitigasi dan adaptasi ke depannya agar tidak kehilangan pulau-pulau tersebut. Namun begitu, seperti dikutip dari Liputan6.com, Eddy  mengatakan publik tidak usah merasakan kekhawatiran yang berlebihan.

Posting Komentar

0 Komentar